Senin, 31 Oktober 2011

Pemerataan dan kualitas pendidikan di indonesia

PEMERATAAN DAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA 

 

 

 

kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sudah  sangat memprihatinkan :(. Saat ini yang kita rasakan adalah ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Baik pendidikan yang formal maupun pendidikan yang informall. Pendidikan adalah penopang untuk meningkatkan sumber daya manusia untuk pembangunan bangsa kita. Seharusnya kita sebagai warga Indonesia mampu meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia agar kita tidak kalah bersaing dengan negara-negara lainnya.




Masalah dalam mutu peningkatan pendidikan adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan baik yang formal maupun yang informal. Adapun masalah – masalah yang mempngaruhi mutu pedidikan di Indonesia antara lain :       
a. keterbatasan daya tampung
b. kerusakan sarana dan prasarana
c. kurangnya tenaga pengajar
d. dan keterbatasan anggaran.


Rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang. Keterbatasan daya tampung sangat berpengaruh dalam pemerataan pendidikan di Indonesia. Banyak sekolah di Indonesia yang memiliki daya tampung tidak seimbang dengan jumlah murid yang diterima saat penerimaan murid baru. Hal ini mengakibatkan proses belajar mengajar menjadi kurang maksimal. Minimnya sarana yang ada juga cukup berpengaruh. Pemerataan pendidikan terutama di daerah tertinggal, sangat memerlukan adanya peningkatan di bidang sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana ini sangat penting perannya dalam proses belajar mengajar.


  Masalah pendidikan di Indonesia ini sudah  sangat mengkhawatirkan. Jadi Kita semua sebagai warga negara harus memperdulikan kualitas pendidikan di negara kita ini :) . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar